Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Akuarium dan Aluminium Sebagai Strategi Pemasaran dan Meningkatkan Penjualan

Digital Marketing Training for Aquarium and Aluminum UMKM as a Marketing Strategy and Increase Sales

Authors

  • Amelia Amelia Bangka Belitung University
  • Al Akbar Ridhanie Bangka Belitung University
  • Muhammad Fikri Hafizan Bangka Belitung University
  • Zindi Sapeti Sari Bangka Belitung University
  • Endang Bidayani Bangka Belitung University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.piskarias.2024.002.01.1

Keywords:

Digital Marketing, Pelatihan, Pangkalpinang, UMKM , Akuarium, Training, Aquarium, Msmes

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Pangkalpinang yang memproduksi akuarium dan alumunium menjadi mitra dalam proyek ini. Pelaku UMKM yang menjadi mitra layanan ini memiliki pengalaman bekerja sekitar 20 tahun.  Namun, sistem pemasaran yang dilakukan masih bersifat konvensional. Oleh karena itu, untuk meningkatkan sistem pemasaran dan memungkinkan tujuan usaha yang lebih baikserta upaya penjualan yang lebih efektif, UMKM ini harus menerima materi dan pelatihan tentang pemasaran digital. Selain itu, UMKM menerima bantuan dalam mengembangkan media sosial di platform digital, khususnya Instagram, serta panduan tentang cara menangani platform ini secara efektif. Hasil yang dihasilkan dari pelatihan ini termasuk publikasi ilmiah dan akun Instagram. Pelaku UMKM mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai digital marketing, termasuk cara pembuatan sosial media, pembuatan konten dan caption yang menarik, dan penerapan serta pemahamannya untuk menjual produk UMKM. Pelaku UMKM dapat membuat konten dan caption untuk mempromosikan unggahan foto produk, foto, atau video di akun Instagram yang memiliki kualitas persuasif, serta dapat menggunakan konten tersebut untuk memasarkan produk UMKM.

 

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Pangkalpinang City that produce aquariums and aluminum are partners in this project. The MSME players who are partners of this service have about 20 years of working experience. However, the marketing system is still conventional. Therefore,in order to improve the marketing system and enable better business goals and more effective sales efforts, these MSMEs should receive materials and training on digital marketing. In addition, the MSMEs received support in developing social media on digital platforms, especially Instagram, as well as guidance on how to use these platforms effectively. The results of this training include scientific publications and Instagram accounts. MSME actors received further information on digital marketing, including how to create social media, creating engaging content and captions, and applying and understanding them to sell MSME products. MSME actors can create content and captions to promote product, photo, or video uploads on Instagram accounts that have compelling qualities, and can use the content to market MSME products.

Downloads

Published

2024-06-29