Diversifikasi Produk Eskrim Rumput Laut dan Analisis Strategi Pemasarannya di Kota Malang
Seaweed Ice Cream Diversification and Its Marketing Strategy Analysis In Malang City
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.piskarias.2023.001.02.3Keywords:
Karagenan, Produk Olahan Susu, UMKM, Carageenan, Milk Processed Product, SMEAbstract
Diversifikasi produk penting dilakukan oleh produsen skala kecil menengah karena dapat mengembangkan kapabilitas bisnis, menciptakan nilai tambah, dan memperkuat fondasi bisnisnya untuk pertumbuhan jangka panjang. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat diberikan kepada mitra yang merupakan salah satu produsen olahan hasil perikanan di Kota Malang. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan ketrampilan teknis mengenai produksi eskrim rumput laut kepada mitra dan memberikan pengetahuan mengenai strategi pemasaran produk eskrim rumput laut di Kota Malang. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan intensif terhadap anggota UMKM dalam meningkatkan ketrampilan produksi eskrim rumput laut berhasil dilakukan. Para mitra menunjukkan respon positif terhadap praktik produksi eskrim dan berkomitmen untuk memproduksi eskrim rumput laut sebagai hasil diversifikasi produk hasil perikanan. Selain itu, strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah segmentasi didasarkan pada faktor geografis, perilaku, dan demografis konsumen di Kota Malang. Target konsumen dipilih dengan fokus pada anak-anak dan remaja yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi eskrim sebagai cemilan, terutama yang tinggal di daerah dekat lokasi produksi. Posisi produk eskrim rumput laut diidentifikasi dengan memanfaatkan kelemahan kompetitor dalam distribusi, dengan strategi penjualan langsung ke rumah warga dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan merek nasional
Product diversification is crucial for small medium producers as it can develop business capabilities, create added value, and strengthen the business foundation for long-term growth. Therefore, community service activities were provided to partners who are among the processed seafood producers in Kota Malang. The aim of this community service is to provide technical skills in the production of seaweed ice cream to partners and impart knowledge about the marketing strategies for seaweed ice cream products in Kota Malang. The outcome of this community service is an intensive training for small enterprise members to enhance their skills in producing seaweed ice cream successfully. The partners showed a positive response to the ice cream production practices and committed to producing seaweed ice cream as a result of diversifying the seafood product. Additionally, applicable marketing strategies include segmentation based on geographic, behavioral, and demographic factors of consumers in Malang. The target consumers are selected with a focus on children and adolescents who have a habit of consuming ice cream as a snack, especially those residing near the production area. The positioning of seaweed ice cream products is identified by leveraging competitors' weaknesses in distribution, employing a direct selling strategy to residents at more affordable prices compared to national brands.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Perikanan dan Kelautan: Piskarias Ministerium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penyerahan manuskrip menyiratkan: bahwa karya yang dijelaskan belum pernah diterbitkan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, atau tesis yang diterbitkan) bahwa karya tersebut tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain, bahwa jika dan ketika manuskrip tersebut diterima untuk diterbitkan, penulis menyetujui pengalihan hak cipta secara otomatis kepada penerbit.