Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Author Guidelines

Panduan Umum Penulis

  1. Naskah yang dikirimkan adalah karya asli, bebas dari plagiarisme apapun, dan setelah diperiksa oleh layanan deteksi plagiarisme berbasis internet didapatkan kurang dari 25%.
  2. Naskah belum dipublikasikan dan belum diterima untuk publikasi di jurnal ilmiah/jurnal pengabdian lain baik nasional maupun internasional.
  3. Penulis telah terdaftar di website jurnal Pengabdian Perikanan dan Kelautan: Piskarias Ministerium (https://piskariasjurnal.ub.ac.id/).
  4. Naskah yang akan diterbitkan di Piskarias Ministerium setelah ditinjau oleh peer review (blind review).
  5. Semua naskah akan disunting oleh tim editor yang ditunjuk oleh redaksi.
  6. Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulisan dan template manuskrip yang telah disediakan di website Piskarias Ministerium.

Struktur Penulisan Manuskrip

  1. Naskah/Paper diketik dalam bentuk spasi 1 (satu) menggunakan kertas A4 (21 cm x 29,7 cm); jenis huruf Times New Roman (TNR) ukuran 12; dan margin kiri 3 cm kanan, kiri, atas, bawah 2,5 cm.
  2. Naskah/Paper diketik dengan layout satu kolom.
  3. Naskah/Paper ditulis dalam bahasa Indonesia baku sesuai dengan pedoman umum.
  4. Setiap halaman harus diberi nomor, dan tidak ada catatan kaki (footnote) dalam naskah.
  5. Harap unduh template untuk membuat artikel sesuai dengan pedoman penulisan (https://piskariasjurnal.ub.ac.id).
  6. Naskah/Paper tidak melebihi 5.000 kata, termasuk referensi.

Organisasi Naskah

Judul

Judul ringkas dan jelas, tidak lebih dari 15 kata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dengan font TNR, ukuran 14 pt. Di bawah judul harus tertulis nama penulis, alamat instansi penulis, dan minimal satu alamat email untuk korespondensi dengan font TNR, ukuran 12 pt. Bila para penulis memiliki alamat yang berbeda harus diberi tanda superscript huruf (a, b, c, dst) dan masing-masing tanda diberi nama instansi.

 

Abstrak

Bagian ini berisi informasi ringkas alasan dan tujuan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan. Abstrak ditulis dengan font TNR, ukuran 11 pt. Abstrak memberikan gambaran global tentang isi dari makalah secara keseluruhan. Abstrak tidak lebih dari 250 kata, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata kunci (keyword) ditulis di tepi kiri dari abstrak, terdiri dari 3–5 kata kunci atau frase, disusun menurut abjad dan dipisahkan menggunakan titik koma (;). Jangan gunakan istilah yang terlalu umum atau panjang.

 

Pendahuluan

Bagian pendahuluan ini menjelaskan tentang fakta, kondisi atau permasalahan yang terjadi di lapangan/masyarakat sehingga menjadi acuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pemberdayaan masyarakat yang disajikan pada pendahuluan menjelaskan tujuan pengabdian yang jelas dan spesifik berdasarkan kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

 

Metode

Bagian ini menjelaskan metode yang digunakan, mendeskripsikan metode yang digunakan dalam menjawab tujuan, tantangan atau permasalahan yang ada di masyarakat serta menyajikan analisis data yang digunakan. Penulis juga menjelaskan secara sistematis bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan dan metode pengukuran ketercapaian dari kegiatan pengabdian yang dilakukan. Pengambilan modifikasi dan cara kerja kegiatan yang pernah dipublikasikan sebelumnya harus ditulis sumber dan bagian yang dimodifikasi pada kegiatan yang dilakukan saat ini.

 

Hasil dan Pembahasan

Penulisan Hasil dan Pembahasan tidak boleh dipisah satu dengan lainnya. Data-data hasil pengabdian didukung dengan pembahasan yang detail dari kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dan memiliki hubungan yang logis sehingga berfokus kepada kesimpulan. Hasil pengabdian dapat berupa data hasil secara kuantitatif/kualitatif atau aktivitas pengabdian yang dilakukan secara sistematis.. Jika tersedia Tabel, Gambar, dan Skema disajikan secara jelas, mudah dipahami, terbaca, dan memiliki resolusi yang baik.

          1. Gambar dan Grafik

Gambar atau foto yang disajikan harus relevan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan wajib memenuhi resolusi foto/gambar yang baik (minimal 300 dpi) dengan ekstensi JPEG. Gambar dan grafik dibuat dengan ukuran lebar (sisi horizontal)

         2. Tabel

Penomoran Tabel adalah berurutan. Jangan mengulang keterangan di dalam teks jika keterangan tersebut telah terkandung pada peta atau gambar. Pada tabel yang mempunyai sumber pustaka, maka sumber dituliskan pada akhir judul tabel dengan mengikuti format angka dalam kurung (misal; [1], [2], dan seterusnya).

 

Kesimpulan

Kesimpulan yang dituliskan oleh penulis memuat tentang pencapaian kegiatan pengabdian masyarakat dan wajib menjawab tujuan dari kegiatan pengabdian yang dilakukan. Kesimpulan juga dapat ditambahkan dengan saran dan rekomendasi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat lebih lanjut.

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih dapat diberikan kepada berbagai pihak yang dianggap telah berkontribusi dalam kegiatan pengabdian ini. Apabila terdapat bantuan dana/hibah dari Universitas, Lembaga Dalam Negeri atau Lembaga Luar Negeri, diharapkan menuliskan nama Lembaga tersebut dan disarankan untuk menuliskan nomor kontrak serta tahun pemberian hibah.

 

Referensi

  1. Referensi ditulis berdasarkan format IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) style
  2. Referensi disajikan berdasarkan urutan numerik
  3. Referensi hanya mencantumkan literatur yang telah Anda kutip dalam teks.
  4. Periksa detail referensi ke sumber aktual. Penulis bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan referensi.
  5. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  6. Referensi jurnal sebaiknya diterbitkan dalam 10 tahun terakhir.
  7. Penulis sangat disarankan untuk menggunakan manajer referensi seperti Mendeley, Endnote, Zotero atau Word Plugin untuk membuat bibliografinya.
  8. Contoh penulisan Referensi:

[1]  L. Sparrow, P. Momigliano, G. R. Russ, and K. Heimann, “Effects of temperature, salinity and composition of the dinoflagellate assemblage on the growth of Gambierdiscus carpenteri isolated from the Great Barrier Reef,” Harmful Algae, vol. 65, hal. 52–60, Mei 2017.

[2]   S. Ouillon, P. Douillet, R. Fichez, dan J.-Y. Panché, “Enhancement of regional variations in salinity and temperature in a coral reef lagoon, New Caledonia,” Comptes Rendus Geosci., vol. 337, no. 16, hal. 1509–1517, Des 2005.

Pedoman Pengiriman Naskah

  1. Naskah yang telah mengikuti pedoman penulisan Piskarias Ministerium (menggunakan format MS Word dan template dalam artikel ini) harus dikirimkan secara online di URL berikut (https://piskariasjurnal.ub.ac.id/) (jika ada kesulitan dalam pengiriman naskah secara online, silahkan hubungi email: piskarias@ub.ac.id).
  2. Penyerahan naskah menggunakan Online Submission System di Jurnal Piskarias Ministerium (https://piskariasjurnal.ub.ac.id/) setelah melakukan pendaftaran sebagai Penulis pada menu “Register”.
  3. Template dan Pedoman Penulisan Artikel di MS Word (.doc) dapat diunduh di (https://piskariasjurnal.ub.ac.id).
  4. File naskah yang akan dikirimkan sebaiknya dapat ditulis dengan format berikut: nama belakang penulis_manuskrip.
  5. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan Jurnal Pengabdian Perikanan dan Kelautan: Piskarias Ministerium akan dikembalikan kepada penulis sebelum memasuki proses review.

Tahapan Pengiriman Naskah

  1. Naskah dikirim melalui Online Submission System di portal Jurnal Pengabdian Perikanan dan Kelautan: Piskarias Ministerium (https://piskariasjurnal.ub.ac.id),
  2. Penulis melakukan pendaftaran sebagai Penulis (centang peran sebagai Author) pada menu “Register” atau pada link ini: (https://piskariasjurnal.ub.ac.id/index.php/piskarias/user/register).
  3. Setelah penulis berhasil mendaftar, dilanjutkan dengan login sebagai author dan mengklik “New Submission” yang terdiri dari 5 tahapan pengiriman naskah yaitu (1) Start, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Confirmation  (5) Next Steps.
  4. Pada menu “Start”, pilih Journal Section (Full Article) dan berikan tanda centang pada semua poin yang muncul.
  5. Setelah itu, pilih menu “Upload Submission”, dan file Manuskrip dapat diupload dalam bentuk MS Word sertakan juga file Completion Form atau form kelengkapan yang tersedia halaman depan website. Apabila tersedia, sertakan file instrumen penelitian pendukung lainnya.
  6. Pada Menu “Enter Metadata”, masukkan semua data penulis dan afiliasi serta diikuti dengan judul, asbtrak, dan kata kunci.
  7. Pada menu “Confirmation”, dapat mengklik “Finish Submission” jika semua data yang diisikan sudah benar.
  8. Jika penulis mengalami kesulitan dalam mengirimkan naskah melalui sistem online, naskah juga dapat dikirim melalui E-mail ke tim redaksi Jurnal Piskarias Ministerium (piskarias@ub.ac.id). Namun, metode ini tidak disarankan.

Biaya Artikel

Setiap artikel yang dikirimkan untuk diterbitkan pada bulan Juni dan Desember kepada editor Jurnal Pengabdian Perikanan dan Kelautan: Piskarias Ministerium tidak dikenakan biaya apapun. 

Articles

Section default policy

Privacy Statement

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.